Yuk Intip Jenis-Jenis Jas Pria Agar Terlihat Lebih Tampan

Sebelum lebih lanjut membahas tentang jenis-jenis jas pria, ketahui dahulu apa pengertian dari jas. Jas merupakan pakaian yang berbentuk lengan panjang yang dipakai diluar baju kemeja laki-laki. Biasanya dipakai untuk acara formal seperti menghadiri rapat penting, pertemuan klien bagi seorang pengusaha, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis jas pria harus diketahui oleh para pria. Dengan tujuan agar tidak salah kostum jika menghadiri acara yang mengharuskan untuk memakai jas. Memakai jas memang membuat para pria terlihat lebih tampan dan juga terlihat rapi. Namun berbagai jenis-jenis jas pria yang diperjual belikan di toko-toko. Akan tetapi perlu pula diketahui jenis jas yang cocok untuk dipakai, berikut pemaparannya.

1. Single Breasted

Berdasarkan nama dari jenis-jenis jas pria yang satu ini adalah single breasted. Di mana jas single breastes merupakan jas yang hanya memiliki satu kancing saja. Biasanya dipakai khusus untuk acara dinner jackets. Selain itu, jenis jas ini juga alangkah baiknua bila disatupaketkan dengan rompi yang cerah agar terlihat lebih casual.

2. Double Breasted

Bukan hanya satu kancing yang terdapat pada jas, akan tetapi memiliki dua kancing. Jas yang memiliki dua garis kancing ini dinamakan jas double breasted. Biasa disebut dengan style orang Italian karena jas ini memang diperuntukkan bagi orang yang tinggi. Dan orang Italia rata-rata prianya tinggi dibanding pria orang Indonesia.

3. Dinner Suits

Bagi pria yang menyukai memakai dasi saat memakai jas, perlu mencoba jas dinner suits. Dikarenakan dinner suits merupakan jenis-jenis jas pria yang cocok jika dikombinasikan dengan aksesoris dasi berbentuk kupu-kupu. Akan tetapi ada juga orang yang mengira bahwa pria yang memakai dasi kupu-kupu terlihat cupu.

4. Mandarin Suits

Bagi pria yang sering menghadiri acara malam alangkah baiknya jika memilih jenis jas yang pas. Jenis-jenis jas pria yang dipilih adalah jas mandarin suits. Selain itu, jas mandarin suits sangat cocok dipakai oleh orang yanh berbadan gemuk. Karena ketika memakai jas ini akan terlihat kurus dan lebih tajam.

5. Zoot Suits

Salah satu dari banyaknya jenis-jenis jas pria adalah jas yang berasal dari African Americans. Nama jas tersebut adalah jas zoot suits. Namun jika ingin memakai jenis jas ini haris berpikir dua kali, karena modelnya yang memiliki aura seperti teroris. Jadi tidak semua pria bisa memakainya. Bentuk dari jas ini yaitu lengan panjang, high waisted, dan big lapels.

6. Tuxedo

Jenis jas tuxedo merupakan jenis jas yang sangat umum dan banyak dipakai oleh pria. Karena menurut pria, tuxedo memiliki bentuk yang simple. Tuxedo juga bisa digunakan diberbagai acara seperti acara pernikahan, party, dan untuk acara resmi. Jas ini bisa juga dipadukam dengan dasi kupu-kupu dan kameja berkerah sayap.

7. The Summer Suits

Kebanyakan pria bingunh dalam memilih jas saat musim panas karena kain dari jas yang tebal. Tetapi ada salah satu jenis jas yang bisa digunakan saat musim tersebut yaitu the summer suits. Jas yang memiliki gaya santai ini dirancang agar sirkulasi udara pada jas ini tetap berjalan. Sehingga tidak membuat pemakainya kepanasan.

8. Tailored Jacket

Jas tailored jacket akan terlihat lebih gagah jika dipadukan dengan celana panjang yang memiliki jenis kain dan warna yang sama. Dalam memilih jenis jas ini harus yang tepat dan tidak kebesaran di tubuh si pemakai. Karena jika kebesaran, bukannya terlihat gagah tetapi malahan penampilannya akan terlihat aneh.

Jas memang sangat perlu bagi para pria khususnya yang bekerja di kantoran. Apalagi jika harus menghadiri sebuah acara sesama karyawan perusahaan tersebut. Karena realitanya rata-rata harus memakai jas saat menghadiri acara dari sesama karyawan. Namun dalam pemilihan jenis jas, harus menyesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Semoga Bermanfaat !!!